Keyword Research Untuk Pemula Update 2015

Aug 08

Internet Marketing Indonesia

Pada posting sebelumnya saya menuliskan bahwa Sukses Internet Marketing Tidak Bisa Instant, hal tersebut sebenarnya sangat terkait dengan sebuah methode Mencari Keyword yang tepat sebelum anda membangun sebuah Halaman Website (Blogs, Toko Online, Web Profile, Web Product and Services dan lain lain) sebaiknya tentukan terlebih dahulu tema Keyword yang akan anda gunakan  untuk halaman  Website anda, untuk menggiring segmen pencari “Internet Searcher” yang anda inginkan, berikut ini adalah cara yang mudah bagi anda yang baru akan memulai membangun halaman website anda, berikut tutorial bagimana melakukannya langkah demi langkah Mencari Keyword yang tepat untuk bisnis anda.

Pengertian Keyword adalah sebuah Tema atau topik pokok yang akan di sajikan dalam sebuah halaman website yang dapat melekat sebagai identitas sebuah halaman website yang dapat terdiri dari 1 sampai 3 kata atau lebih  misalnya, Architecture, Architecture Design, Building Constructions Design dll, tentunya setiap Keyword memiliki perbedaan potensi yang dapat di tinjau dari :

a. Jumlah hits yang mencari Keyword tersebut pada Google Search Engine setiap bulannya (Demand/Peluang).

b. Jumlah halaman Website yang mengunakan Keyword tersebut (Competitor/Pesaing).

Sebagai contoh saya akan membuat situs untuk berjualan “Ikan Hias Cupang” dalam hal ini target Primary Keyword yang akan saya gunakan adalah “Ikan Cupang” atau “Jual Ikan Cupang” untuk memudahkan menganalisa potensi Keyword tersebut kita dapat mengunakan sebuah tools gratis dari Google yaitu Google Keyword Planner, untuk menggunakan tool ini anda diharuskan login dengan menggunakan google account.

 

 

Keyword Tools Google

Keyword Tools Google

Jika kita melihat gambar diatas mengambarkan bahwa kata Website di cari rata-rata 30.400.000,- kali setiap bulannya sehingga di pastikan Keyword  “website” memeiliki potensi trafik yang sangat tinggi, nah sebelum kita menentukan akan mengunkan  Keyword tersebut,  pastikan dulu berapa Banyak Pesaing yang menggunakan Keyword tersebut. Targetnya Adalah mencari Keyword yang tidak banyak Pesaing  (kurang dari 10.000.000 pesaing adalah ideal), sehingga bisa memperbesar kemungkinan kita bisa bersaing untuk berada di halaman 1 search engine.

Cara melakukan Surfey  Pesaing, anda dapat langsung cek melalui Google Search Engine, gunakanlah “kutip dua” pada keyword yang akan di surfey, methode ini digunakan untuk memfilter agar yang di munculkan hanya website yang mengunakan Keyword tersebut, sperti gambaran berikut.

Survey Competitor Web

Survey Competitor Web

Walah!!… jumlah pesaing (Competitor) untuk keyword website adalah 4,5 Milyard, sehingga bisa di katakan kecil kemungkinan untuk mencapai peringkat Page 1 pada search engine jika kita mengunakan Keyword website.

Jadi bagaimana langkah lanjut jika kita ingin membuat Situs yang berhubungan dengan Website?

Jawabannya : cari keyword alternative dengan kombinasi dua kata, tiga kata atau lebih  “long tail Keyword” misalnya “website design”atau “website content management system” tentu kita mencari Keyword alternative yang tingkat demand atau  peluang yang besar dengan menerapkan langkah Research Keyword “Langkah Satu“.

Dalam kasus ini saya cenderung memilih kata kunci utama “website content management system” alasannya Peluang (demand) cukup tinggi yaitu 3.350.000 hits stiap bulan, dengan jumlah Pesaing (competitor) hanya  378.000 (di bawah 10.000.000).

TIPS: lakukan Langkah Satu ini berulang-ulang  jika pesaing (Competititor) masih terlalu besar.  Kiat-kiatnya “cari Keyword yang jumlah demand (Peluang) yang banyak dalam sebulan, tapi yang sedikit pesaing (Competitor) nya (diupayakan lebih kecil dari 10juta)”
Semakin banyak jumlah pencari dengan kata kunci atau keyword tersebut dan semakin kecil jumlah pesaing pada result search engine google, maka semakin bagus keyword itu (istilahnya niche keyword)

Jika anda sudah menemukan Primary Keyword yang tepat bagi topik website anda sebagai internet marketing Indonesia, langkah selanjutnya adalah mencari keyword – keyword pendukung Primary Keyword, supaya website anda nanti mudah mencapai halaman pertama di search engine google. Dengan begitu, website anda mempunyai peluang lebih besar untuk mendapatkan traffic gratis (organic traffic) atau pengunjung dari internet.

Artikel Terkait:

Share

9 comments

  1. Terimakasih mas Hen…postingannya sangat bermanfaat.

  2. Wah ini dia artikel internet marketing yang sangat berbobot ! Thanks !

    Salam

  3. klo untuk postingan dgn keyword sedikit pesaing beda ya gan dgn keyword utama blog?

  4. mas … rekomendasi untuk belejar keyword research di mana ya …?

  5. kukuh adiyansuki /

    Waaaah mantap….. Mohon bimbingannya ya

  6. mas, saya mau tanya.. saya juga mencoba menerapkan hal itu utk web saya.. tapi knapa ya ga kliatan progress nya stlh di liat di google analytic ?

    apa di dlm seo kita..kita blm bagus dlm hal page rank ? ato metode2 lainnya..

    mellinda

    • Dear Melinda, hal pertama yang harus anda capai adalah menemukan keyword yang tepat untuk website anda, targetnya adalah keyword yang banyak di cari namun kompetisi atau pesaingnya sedikit, kemudian gunakan keyword tersebut sebagai keyword utama anda lalu Optimalisasikan mengunakan methode On Page Optimizations bisa anda bisa pelajari hal tersebut di tulisan saya yang lain di sini, kemudian lakukan juga langkah Off Page optimization bisa anda pelajari di web ini, setelah itu jika strategi keyword anda berhasil, barulah anda bisa dapat melihat trafic pada Google Analytic Anda.

  7. Salam kenal mas….saya baru aja mau belajar internet marketing. Baca2 artikelnya bermanfaat sekali. Ditgg info selanjutnya ya..

Leave a Reply

*

CommentLuv badge

Translate »